Pages

Thursday, September 15, 2016

Kembali ke Binungan dengan Performance Terbaik

Site Binungan merupakan salah satu site yang yang beroperasi di wilayah PKP2B PT Berau coal. Tambang  penghasil batubara ini terletak di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.  Tambang Binungan ini merupakan site paling besar yang dimiliki PT Berau Coal karena dalam satu daerah ada dua lokasi penambangan , yakni Binungan 1, dan Binungan 2. Site binungan diharapkan dapat menjadi pintu masuk ke site lainnya di PT Berau coal, yaitu site Lati dan site Sambarata.

Jika saja kita berada di Kota Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau, Site Binungan dapat ditempuh hanya 45 menit.   Kantor DAHANA sendiri berada di Kampung Pegat Bukur. Pegat Bukur merupakan salah satu perkampungan lingkar tambang yang cukup dekat dengan Site Binungan. Sementara itu dari kantor DAHANA ke lokasi tambang tidak kurang memakan waktu hanya sekitar 20 menit, dimana untuk mencapai lokasi Tambang dari Kantor DAHANA harus menyebrangi sungai dengan menggunakan perahu ketingting.

Keberadaan PT DAHANA (Persero) di Site Binungan mensupport kegiatan operasional  kontraktor tambang  PT Ricobana Abadi (RBA) untuk mengerjakan Blasting Services pembongkaran OB/IB batubara di area pertambangan PT Berau Coal site Binungan.  Supervisor Operasi  Sonny Marindo menerangkan bahwa operasi DAHANA di Site Binungan terhitung masih baru,  karena baru memulai performance-nya di awal Juli 2016.

“Sebenarnya kita di Binungan sudah sejak Januari 2016 di bawah kontrak PT MTL yang merupakan anak perusahaan PT Berau Coal.  Namun sejak bulan juni PT MTL sudah tidak beroperasi lagi. Kemudian pada Juli 2016 kemarin kita beroperasi di bawah PT RBA untuk pengerjaan blasting services,” terang Sonny Marindo.

Dalam pengerjaan peledakan di tambang, bahan peledak yang digunakan oleh DAHANA di Site Binungan masih menggunakan Anfo serta  Dayaprime Booster sebagai primernya.  Meski menggunakan bahan peledak Anfo, menurut Sonny,  performance peledakan yang dilakukan DAHANA sudah terbilang cukup baik.

“Memang sebaiknya untuk performance lebih bagus itu menggunakan emulsion.   Mungkin karena kita terhitung baru untuk pengerjaan di site ini jadi masih diminta menggunakan Anfo dulu. Tapi kedepan kita targetkan disini nantinya bisa menggunakan DABEX,” terangnya.

Sonny pun mengungkapkan meski hanya menggunakan Anfo, tim DAHANA terus berupaya melakukan pengerjaan pelayanan peledak dengan teliti.  Pengerjaan peledakan di Site Binungan ini memiliki aturan safety yang cukup ketat, banyak aspek yang perlu di patuhi, dan hal ini pun menjadi salah satu penilaian untuk menuntukan proyek kedepan.

“Disini benar-benar sangat memperhatikan safety, mulai dari perizinannya sampai peledakannya pun harus memerhatikan efek yang akan timbul, dan ini sudah diatur sedemikian rupa. Apapun keinginan konsumen kita berikan yang terbaik,” kata Sonny.

Hampir setiap harinya DAHANA melakukan pengerjaan peledakan.   Rata-rata 70 sampai 120 lubang yang diledakkan dengan bahan peledak Anfo dengan luas area sekitar 1 hektar. Untuk peledakan yang prima tim selalu melakukan pengontrolan, mulai dari pengisian bahan peledak, timing delay dan rangkaian peledakan.

“Untuk peledakan yang prima, kita berusaha melakukan pengontrolan agar memenuhi target konsumen dan juga target DAHANA.  Agar sama-sama untung,” ujar Sonny.

Dalam pengerjaannya tim DAHANA di Site Binungan memiliki 16 personil terdiri dari 1 orang admin umum, 1 orang admin gudang handak, 5 orang helper, 3 orang operator, 2 orang blaster, 1 orang safety officer dan 2 orang supervisor operasi, serta 1 site koordinator.
Meski terbilang baru melakukan pelayanan peledakan di Site Binungan, menurut Sonny, Tim DAHANA yang beroperasi di binungan adalah orang-orang yang telah berpengalaman dalam melakukan blasting, “Kita disini berusaha melakukan pelayanan prima untuk hasil lebih baik. Ya bisa dibilang disini DAHANA masih dalam tahap penetrasi pasar, untuk itu kita terus berupaya agar hasil peledakan tidak kalah bersaing dengan kompetitor lainnya yang juga beroperasi di wilayah binungan dibawah kontraktor lainnya,” ungkap Sonny Marindo.

Merunut catatan sejarah, DAHANA dalam kurun tahun 1999 – 2007 pernah hadir dan berjaya di PT Berau Coal. Kini, sejak awal 2016 DAHANA berupaya kembali mengibarkan bendera di PT Berau Coal khusunya di site Binungan. Berbekal pengalaman dan mengambil pelajaran masa lalu, DAHANA terus berupaya melakukan pelayanan yang terbaiknya dalam melayani konsumen. (SYA)

No comments:

Post a Comment

 

PT DAHANA

Jakarta Office:
Menara MTH, Lt.17
Jl. MT. Haryono Kav.23
Jakarta 12820
Indonesia
Telephone +62 21 837 823 17
Facsimile +62 21 837 823 27

PT. DAHANA

Head Office:
Energetic Material Center
Jl. Raya Subang - Cikamurang Km. 12 Cibogo
Subang 41285, Jawa Barat
Indonesia
Telephone+62 260 742 3333
Facsimile+62 260 742 3888